Tokopedia, unit bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), menyampaikan bahwa integrasi sistem antara TikTok dengan Tokopedia masih berjalan dan hampir selesai saat ini atau tepat 3 bulan setelah keduanya memutuskan untuk berkolaborasi.  

Menurut Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, tahap migrasi hampir selesai, meskipun tidak dijelaskan secara rinci bagian-bagian yang telah diselesaikan serta dampaknya pada pelanggan. Sebelumnya, Direktur dan Head of External Affairs GOTO, Nila Marita, mengonfirmasi bahwa integrasi dan migrasi antara Tokopedia dan TikTok berjalan dengan baik. Proses belanja, pembayaran, dan check out transaksi telah dipisahkan dari aplikasi TikTok dan diintegrasikan ke sistem backend Tokopedia. Mereka berharap proses ini dapat selesai dalam 1,5 bulan, sesuai dengan masa uji coba, dan terus berkoordinasi dengan kementerian terkait serta mematuhi regulasi yang berlaku.

Nila juga menekankan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lancar, aman, dan nyaman bagi pengguna TikTok dengan Tokopedia yang mengelola sistem elektronik dan pembayaran di belakang layar. Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Isy Karim, mengungkapkan bahwa migrasi sistem TikTok ke Tokopedia sudah mencapai 90%, dengan pemisahan sistem TikTok Shop dari aplikasi TikTok dilakukan tanpa disadari pengguna. Meskipun demikian, masih ada 13% perubahan yang perlu diselesaikan, dan pemerintah terus memantau kemajuan pekerjaan TikTok dalam hal ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours