Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita membantah sektor industri di Indonesia memasuki fase deindustrialisasi. Dia meyakini bahwa kondisi manufaktur dalam negeri saat ini dalam kondisi yang sehat.

Agus menunjukkan sejumlah indikator kinerja manufaktur Indonesia yang meningkat. Seperti yang ditujukkan pada angka purchasing manager’s index (PMI) manufaktur Indonesia yang berada di level ekspansif. Agus juga mengklaim penyerapan tenaga kerja saat Covid-19 di sektor industri yang tinggi.

Kemudian Agus memaparkan kontribusi manufaktur Indonesia terhadap MVA dunia yang dapat diperhitungkan. Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa kontribusi manufaktur terhadap PDB Indonesia mencapai 19,9%, melebihi rata-rata dunia (16,29%) dan negara-negara seperti Australia, Brasil, Rusia, India, Italia, dan Filipina.

Agus menyatakan bahwa meskipun kontribusi industri manufaktur terhadap PDB menurun, Kemenperin tidak khawatir berdasarkan data yang menunjukkan kinerja positif sektor tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours