Kenaikan tarif tol bukan hanya terjadi di Pulau Jawa khususnya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Layang MBZ, namun juga di bagian timur Indonesia seperti Makassar. Sebanyak 5 gerbang tol di Makassar bakal mengalami kenaikan tarif mulai 9 Maret 2024 pukul 00.01 WIB.

Penyesuaian tarif jalan tol di Ruas Jalan Tol Makassar Seksi IV akan berlaku untuk semua jenis kendaraan dan akan diterapkan di beberapa gerbang tol, termasuk Tol Biringkanaya, Tamalanrea, Ramp Parangloe, Ramp Bira Timur, dan Ramp Bira Barat. Menurut Direktur Utama PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE), penyesuaian ini akan dimulai pada tanggal 9 Maret 2024 dan merupakan penyesuaian tarif rutin, bukan karena pengoperasian Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP). Upaya sosialisasi dan edukasi telah dilakukan kepada berbagai pihak terkait untuk memastikan kesadaran masyarakat terhadap penerapan ini.

Di sisi lain, lima gerbang tol yang dikelola oleh PT Makassar Metro Network (MMN), seperti Tol Cambaya, Kaluku Bodoa, Tallo Barat, Tallo Timur, dan Gerbang Utama Parangloe, tidak mengalami perubahan tarif. Penyesuaian tarif rutin ini dilakukan setelah evaluasi dari otoritas terkait untuk memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM). JTSE juga mengklaim telah melaksanakan program perbaikan jalan tol, termasuk perataan jalan, pemeliharaan box culvert, drainase, bahu jalan, sistem perambuan, marka jalan, dan penghijauan/penataan landskap.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Kota Makassar mencapai 9,25% dari periode 1 November 2021 hingga 31 Oktober 2023.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours