Surabaya – Pedagang di Pasar Gunung Batu, Bogor mengeluh lantaran harga komoditas cabai dan bawang kembali mengalami kenaikan yang signifikan pada hari ini, Rabu (6/3/2023).

Adapun kenaikan harga komoditas tersebut, menurut para pedagang, memang kerap terjadi jika menjelang Ramadan, terutama di awal pekan puasa. Hal ini karena permintaan lebih tinggi ketimbang persediaannya, sehingga harga komoditas ini mengalami kenaikan

 “Hampir semua komoditas mengalami kenaikan, namun yang paling signifikan adalah harga cabai, bawang, dan tomat. Untuk cabai rawit merah dan cabai merah keriting hari ini saya menjual dengan harga Rp100.000 per kg, yang mana normalnya harga cabai berada di sekitar Rp40.000-Rp60.000 per kg. sedangkan harga bawang mengalami kenaikan menjadi Rp. 35.000 per kg, sedangkan normalnya Rp. 25.000 per kg. Dan harga bawang putih menjadi Rp. 40.000 per kg normalnya Rp. 35.000 per kg.” Kata Erni, salah satu pedagang bawang dan cabai di Pasar Gunung Batu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Tika, pedagang sayuran lainnya di Pasar Gunung Batu. Ia menyebutkan bahwa “Kenaikan harga bumbu-bumbu dapur ini masih akan terus terjadi sampai bulan Ramadan nanti.” Tika juga menambahkan bahwa awal puasa ini harga cabai diperkiraan akan terus naik, karena banyaknya permintaan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours