UMKM Buat PDB Menjadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang jumlahnya mencapai 64,2 juta unit dengan kontribusi 61,9% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) membuat sektor ini masih menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Sebagai entitas bisnis, Tokopedia menjadi perusahaan dagang-el terdepan di Indonesia. Kolaborasi strategis dengan TikTok pada pertengahan Desember 2023 membuat Tokopedia pun terus memperkuat bisnisnya agar para mitranya, yakni UMKM, bisa terus maju dan berkembang.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan Tokopedia berupaya memberikan panggung kepada sebanyak-banyaknya pelaku UMKM untuk menciptakan peluang usaha lewat platform Tokopedia agar produk dari para pelaku UMKM makin menjadi pilihan masyarakat.

TikTok juga mengatakan akan terus berkomitmen dalam mendorong kemajuan lebih banyak pelaku UMKM demi mengakselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia, lewat berbagai upaya dan inisiatif.

Berdasarkan riset dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2023, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak digunakan UMKM untuk berjualan dengan persentase sekitar 73,7%.

Adita mengatakan “Tokopedia dan TikTok mendorong kemajuan pelaku UMKM di Indonesia lewat berbagai kolaborasi dan inovasi,”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours