Indonesia Targetkan Bergabung Dengan OECD Pada 2027

Indonesia menargetkan untuk bergabung menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2027. Hal ini telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jamuan makan malam bersama duta besar negara OECD di The Langham Jakarta, Kamis (28/2/2024).

Ternyata, bukan hanya Indonesia yang sedang berupaya menjadi anggota OECD. Saat ini, OECD sedang memproses tujuh negara yang mengajukan diri untuk bergabung, termasuk Argentina, Brasil, Bulgaria, Kroasia, Peru, dan Rumania. Menurut Airlangga, Indonesia akan menjadi negara Asia ketiga yang akan bergabung dengan OECD, setelah Jepang dan Korea Selatan.

Meskipun belum menjadi anggota, Airlangga mengungkapkan bahwa Indonesia telah menjadi mitra penting bagi OECD sejak 2007, bahkan OECD telah mendirikan kantor perwakilan di Indonesia sejak 2015. Airlangga menegaskan bahwa Indonesia berharap untuk segera menjadi bagian dari OECD, dan dalam tahap diskusi aksesi, Indonesia akan menyusun peta jalan yang akan diserahkan pada pertemuan tingkat menteri yang dijadwalkan pada Mei 2024. Dia yakin bahwa proses masuk Indonesia ke OECD akan berjalan lancar, mengingat bahwa regulasi-regulasi yang berlaku di Indonesia telah sesuai dengan standar yang diterapkan oleh OECD.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours