Bankir Legendaris Jacob Rothschild Wafat di Usia 87

Nathaniel Charles Jacob Rothschild atau yang dikenal dengan sebutan Jacob Rothschild, seorang legenda di dunia finansial global yang dermawan, meninggal dunia di usia 87 tahun pada Senin (27/2/2024). 

“Ayah kami, Jacob, adalah tokoh penting dalam kehidupan banyak orang – seorang pemodal yang berprestasi, seorang pejuang seni dan budaya, seorang pegawai negeri yang setia,” terang pernyataan

Jacob Rothschild, pewaris generasi ketujuh dari dinasti perbankan Rothschild, telah meninggal dunia, seperti diumumkan oleh keluarganya kepada Press Association. Meskipun alasan kematian tidak diungkapkan, pernyataan keluarga menekankan peran signifikan Jacob sebagai pemodal, pejuang seni, dan pegawai negeri setia.

Pada tahun 1980, ia fokus pada Rothschild Investment Trust, yang berkembang menjadi RIT Capital Partners Plc, perwalian investasi terkemuka di Inggris dengan aset bersih mencapai 3,5 miliar euro pada November 2023.

Selain kesuksesannya dalam keuangan, Jacob dikenal sebagai dermawan terkemuka di Inggris, memimpin dewan Galeri Nasional dan Dana Lotere Warisan Nasional. Aktif dalam kegiatan amal di Israel, ia juga menjadi ketua Yad Hanadiv, yayasan keluarga yang menyumbangkan gedung Knesset dan Mahkamah Agung kepada negara. Pada 2022, Ratu Elizabeth II memberinya Order of Merit sebagai penghargaan atas kontribusinya di bidang seni, pembelajaran, sastra, dan sains.

Jacob Rothschild, yang lahir pada April 1936, menghabiskan masa kecilnya di Eton College dan Universitas Oxford. Pada tahun 1961, ia menikahi Serena Mary Dunn, cucu dari pemodal Kanada Sir James Dunn. Mary Dunn, yang juga pemilik kuda pacuan Inggris, mengelola Waddesdon Stud di properti bangsawan yang terkenal dengan nama yang sama. Properti ini menjadi destinasi populer di National Trust.

Pasangan ini memiliki empat anak: Hannah, Beth, Emily, dan Nat. Hannah, berusia 61 tahun, menjadi anggota dewan RIT dan mengawasi lebih dari 10% saham perusahaan, saat ini bernilai lebih dari 250 juta euro. Hannah juga membantu menjalankan perusahaan investasi swasta, Five Arrows Limited. Saudara-saudaranya, Emily (56 tahun) dan Beth (60 tahun), juga berkontribusi dalam pengawasan badan amal keluarga.

Nathaniel, putra Jacob yang berusia 52 tahun, menjadi Baron Rothschild ke-5 dan pemegang saham utama Volex Plc, menggantikan posisi ayahnya. Sebelumnya, Nathaniel juga pernah menjadi direktur RIT sebelum Hannah mengambil peran serupa pada tahun 2013.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours