Kenaikan Harga Komoditas Pangan Berisiko Tingkatkan Inflasi Bulanan

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sejumlah komoditas pangan terus mengalami kenaikan harga, berpotensi menyumbang pada inflasi bulanan Februari 2024.

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, hampir semua komoditas pangan utama mengalami kenaikan harga, termasuk beras, cabai merah, telur ayam, dan daging ayam ras. Meskipun demikian, harga daging sapi termasuk pengecualian.

Pada pekan keempat Februari 2024, 222 kabupaten/kota mengalami kenaikan indeks perkembangan harga, meningkat dari 175 kabupaten/kota pada pekan sebelumnya. Harga beras terus menunjukkan tren kenaikan, mencapai Rp15.387 per kilogram pada pekan keempat Februari 2024, meningkat 5,44% dibandingkan dengan Januari 2024.

Pudji mencatat bahwa 268 kabupaten/kota mengalami kenaikan harga beras, dibandingkan dengan 179 kabupaten/kota sebelumnya. Selain beras, cabai merah juga mengalami kenaikan sekitar 7,63%, dengan 241 wilayah mengalami peningkatan harga. Kenaikan juga terjadi pada daging ayam ras dan telur ayam, dengan potensi dampak inflasi bulanan Februari 2024.

Dengan adanya potensi inflasi dari kenaikan harga komoditas pangan, BPS mengingatkan akan pentingnya upaya pengendalian harga untuk menjaga stabilitas ekonomi dan melindungi konsumen dari tekanan inflasi yang mungkin timbul.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours