PDIP Unggul, Koalisi Ganjar-Mahfud Pimpin Hasil Real Count Pileg 2024

Pemilihan Legislatif (Pileg) telah dilaksanakan pada Rabu (14/2/2024), dan Tim Riset CNBC Indonesia telah menyimpulkan hasil real count terbaru yang diambil dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam konteks ini, 24 partai politik, termasuk enam partai lokal, berpartisipasi dalam pileg 2024. Sebanyak lebih dari 204 juta pemilih berpartisipasi dalam pemilihan yang tersebar di 38 provinsi, 514 kabupaten/kota, 7.277 kecamatan, dan 83.771 desa.

Hingga hari Kamis (22/2/2024), data terkini KPU pada pukul 10:00 WIB menunjukkan bahwa 61,06% suara telah terkumpul dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari 18 partai nasional yang berkompetisi, sembilan di antaranya telah melebihi ambang batas parlemen sebesar 4%, dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih memimpin berdasarkan perhitungan asli data TPS atau real count. Sebagai catatan, untuk meraih kursi di parlemen, setiap partai harus mencapai parliamentary threshold, yakni perolehan suara sebesar 4% dari total suara nasional.

Partai koalisi Ganjar-Mahfud, yang dipimpin oleh PDIP, masih mendominasi perolehan suara, diikuti oleh dua partai yaitu Partai Golongan Karya (GOLKAR) dari koalisi Prabowo-Gibran dan Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA).

Hasil ini memberikan gambaran awal tentang dinamika politik pasca-pileg dan potensi bentukan koalisi di masa mendatang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours