Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar Kedua RI di Makassar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Makassar New Port 1 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (22/2/2024). Menurutnya, pelabuhan ini merupakan yang kedua terbesar di Indonesia.

Jokowi mengungkapkan bahwa kapasitas pelabuhan ini mencapai 2,5 juta TEUS per tahun, meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan pelabuhan sebelumnya di Makassar yang hanya 750 ribu TEUS per tahun. Ini dianggap sebagai lonjakan besar dalam sektor logistik Indonesia.

Jokowi berharap bahwa keberadaan pelabuhan baru ini akan membantu mengurangi biaya logistik di Indonesia, yang meskipun telah turun dari 24% menjadi 14% dari PDB dalam 10 tahun terakhir. Selain pelabuhan, Jokowi juga meresmikan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) di Kota Makassar.

Jalan sepanjang 3,2 km tersebut dibangun untuk meningkatkan konektivitas Pelabuhan MNP dengan jalan tol yang sudah ada di Makassar, sehingga waktu tempuh transportasi peti kemas ke dan dari pelabuhan dapat lebih cepat dari sebelumnya. Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours