Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat terbatas pada Februari 2024

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat terbatas pada Februari 2024 seiring dengan sentimen Pemilu, fluktuasi rupiah, dan perkembangan kebijakan Federal Reserve. IHSG mencapai all time high (ATH) atau level tertinggi sepanjang sejarah 7.323,58 pada perdagangan perdana 2024, Selasa (2/1/2024).

Laporan CSA Index menunjukkan untuk periode Februari 2024 adalah 59,7 yang mengindikasikan penurunan tingkat optimisme dibandingkan bulan Januari yang mencapai angka 83,7. Penurunan ini mengindikasikan pelaku pasar kurang bergairah dalam menghadapi perdagangan di bulan Februari ini. Meskipun turun, tapi dengan angka diatas 50 menunjukkan bahwa lebih banyak pelaku pasar yang memprediksi IHSG akan bullish di bulan Februari.

Apabila pemilu selesai dengan satu putaran, maka ini akan menjadi hal yang positifsehingga pelaku pasar dapat dengan segera mengalokasikan asetnya untuk menyesuaikan dengan hasil pemilu. Akan tetapi, apabila berlangsung dua putaran, maka ketidakpastian masih akan berlanjut hingga pemilu putaran kedua diadakan. Selain itu, faktor pelemahan rupiah dan potensi peningkatan tensi geopolitik dipercaya juga semakin memperberat langkah IHSG.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours