Hadi Tjahjanto Resmi Menjabat Sebagai Mentri Menko Polhukam Setelah Dilantik Oleh Presdien Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Sertijab dilaksanakan di kantor Kemenko Polhukam pada tanggal 21 Februari 2024, pukul 13.30 WIB. Muhammad Tito Karnavian, Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam sebelumnya, menyerahkan jabatannya kepada Hadi Tjahjanto dalam acara tersebut.

Sebelum Hadi Tjahjanto, posisi Menko Polhukam sempat dipegang oleh Mahfud MD. Namun, Mahfud MD secara resmi mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju (KIM) untuk menghindari potensi konflik kepentingan. Posisi Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu 2024 sebagai calon wakil presiden (cawapres) telah membuatnya meninggalkan jabatan tersebut.

Setelah dilantik sebagai Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto meninggalkan jabatannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pengisian pos tersebut kemudian dipegang oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dengan pergantian kepemimpinan ini, diharapkan adanya sinergi yang efektif dalam mengatasi berbagai tantangan di bidang politik, hukum, dan keamanan di Indonesia.


You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours