Bank Mandiri Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Bank Mandiri semakin menegaskan komitmennya terhadap pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan fokus pada bisnis ramah lingkungan. Salah satu langkahnya adalah mendukung perluasan ekosistem kendaraan listrik melalui berbagai produk dan layanan perbankan, termasuk pembiayaan untuk masyarakat.

Alexandra, dalam sambutannya, menyatakan bahwa kerjasama ini sejalan dengan misi Bank Mandiri sebagai “Indonesia’s Sustainability Champion for A Better Future.” Kolaborasi ini mencakup fasilitasi pengadaan kendaraan operasional, khususnya kendaraan listrik dari grup BYD, serta memanfaatkan produk perbankan digital seperti Kopra dan Livin’ by Mandiri untuk memperkuat ekosistem BYD.

Kolaborasi ini diharapkan juga dapat mendukung transisi menuju Indonesia nol emisi karbon pada 2060 dan mengakselerasi Indonesia’s Green Economy melalui pengembangan pembiayaan dan produk keuangan berkelanjutan.

Hingga akhir Desember 2023, total portofolio berkelanjutan Bank Mandiri mencapai Rp 264 triliun, dengan peningkatan pangsa pasar. Porsi portofolio hijau mencapai Rp 129 triliun, meningkat 21,4% YoY, dan portofolio sosial mencapai Rp 135 triliun, meningkat 10,6% dari tahun sebelumnya. Seluruh portofolio berkelanjutan Bank Mandiri meningkat 15,4% dari tahun 2022.

Pembiayaan hijau terfokus pada sektor berkelanjutan seperti energi terbarukan, transportasi, dan ekosistem kendaraan listrik. Bank Mandiri juga memiliki ESG Desk sebagai point of contact untuk solusi pembiayaan berkelanjutan dan sebagai advisor bagi nasabah perseroan dalam pembuatan ESG Framework.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours