Tegang! Mesir Ancam Tangguhkan Perjanjian Camp David Jika Israel Serang Rafah

Mesir memperingatkan Israel akan menangguhkan Perjanjian Camp David jika tetap mengirim pasukannya untuk membombardir Kota Rafah di Jalur Gaza.  Pasalnya, pihak Mesir menyatakan bahwa serangan Israel ke Rafah dapat mengakibatkan tertutupnya jalur utama pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Perlu diketahui, Perjanjian Camp David merupakan perjanjian perdamaian bersejarah yang disepakati antara Israel dan Mesir, yang ditengahi oleh Amerika Serikat (AS) pada Maret 1979. Perjanjian perdamaian Camp David awal telah ditandatangani oleh Presiden AS saat itu Jimmy Carter, Presiden Mesir Anwar Sadat, dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin, pada 17 September 1978. Berdasarkan Departemen Luar Negeri AS, perjanjian Camp David itu lahir sebagai tindak upaya diplomasi Mesir untuk mencari solusi damai atas perang antara Israel dan Mesir.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres sebelumnya memperingatkan bahwa rencana Israel untuk memperluas operasi militernya di Gaza hingga Rafah, hanya akan memperburuk situasi kemanusiaan.  Seperti diketahui, warga sipil Palestina saat ini mengungsi dari Jalur Gaza bagian Utara dan Tengah, ke Rafah dan di sepanjang perbatasan dengan Mesir.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours