Hubungan Bos Tiktok Dengan China Pada Sidang Parlemen AS Yang Digelar Minggu Lalu

Hubungan erat China dengan Tiktok dan bosnya Chew Shou Zi kembali mencuat dalam sidang parlemen Amerika Serikat (AS) yang digelar minggu lalu. Hal ini berulang kali terjadi saat platform tersebut dihadapkan dengan parlemen AS.

Sidang yang diadakan minggu lalu berfokus pada keselamatan anak-anak di media sosial. Namun saat itu, para senator mengaitkan Tiktok dan Chew dengan pemerintah China. Salah satu dari mereka mempertanyakan kewarganegaraan Chew. Pertanyaan serupa juga muncul tahun lalu terkait dugaan kedekatan TikTok dengan Tiongkok. Sama seperti sebelumnya, Chew menegaskan bahwa dirinya bukan warga negara Tiongkok. Ia juga membantah memiliki paspor dari negara selain Singapura.

Chew mengatakan “Senator, saya merupakan warga negara Singapura,”

Chew juga ditanya apakah dia berafiliasi dengan Partai Komunis Tiongkok. Sekali lagi ia membantah dan menjawab bahwa ia bukan warga negara Tiongkok.

“Senator, Saya orang Singapura. Itu tidak benar!,” tambahnya.

Selain itu, Senator Partai Republik Ted Cruz mengatakan TikTok versi Tiongkok membantu pendidikan anak-anak di sana. Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk platform di AS. Setelah Chew membantah pernyataan tersebut, Cruz menegaskan bahwa topik protes di Hong Kong dan Tibet tidak sepopuler di TikTok dibandingkan di Instagram. Namun, Chew mengatakan hal tersebut tidak benar dan menekankan bahwa algoritma platform tidak melakukan apa pun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours