Begini Ramalan Ekonomi di Tahun Politik dari Bank hingga Fintech

Perbankan dan financial technology (fintech) optimistis terhadap bisnis pada tahun politik. Bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan bank asal Jepang PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) serta Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) yakin pertumbuhan bisnis akan signifikan pada periode Pemilu 2024.

Executive Director Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) Aries Setiadi mengatakan tahun politik akan memberikan kontribusi yang positif. Sebab, aktivitas kampanye hingga debat capres dan cawapres dapat menggerakan aktivitas ekonomi masyarakat. Aries mengatakan “Kemarin 2022 dan 2023 masyarakat kan sempat merasakan scarring effect, sekarang Covid-19 resmi dicabut. Jadi, masyarakat lebih bebas. Travelling tinggi, sistem pembayaran demand tinggi, termasuk yang dilayani fintech,” dalam Media Gathering AFTECH, Kota Kasablanka Rabu (24/1/2024).

Senada, Transaction Banking Digital & Customer Experience Head Bank Danamon Indonesia Indradi Padmawidjaja mengatakan volume transaksi digital jelang pemilu cenderung stabil. Ia juga mengatakan masyarakat sudah semakin dewasa dan tidak terdampak dengan gelaran pemilu.

Sementara itu VP of Transaction Banking BRI Rudy Automo memandang tahun pemilu akan menciptakan keuntungan ekonomis bagi perbankan karena aktivitas masyarakat yang bergerak. “Jadi dari ekonomisnya BRI juga memprediksikan tahun ini sebenarnya pemilu itu justru memberikan keuntungan ekonomi sepertinya,” ujar Rudy.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours