Prabowo Bilang BBM Diganti Rumput Laut, Ini Pendapat Profesor Belanda

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan rumput laut bisa menggantikan BBM. Ternyata seorang profesor asal Belanda menyebutkan biomassa seperti rumput laut merah memang dapat menjadi solusi untuk menggantikan bahan bakar.

Scientific Director of the Engineering and Technology, Institute Groningen, Belanda, Hero Jan Heeres mengatakan rumput laut merah memiliki beberapa keuntungan. Misalnya tumbuh di berbagai lingkungan dari air tawar, air asin, dan air limbah perkotaan. Heeres mengatakan “Rumput laut merah mengandung senyawa carrageenan dan agarose,”. Rumput laut diubah menjadi bahan kimia berbasis bio dengan pendekatan kinetik galaktosa (GAL) dan 3,6-anhidro-D-galaktosa (D-AHG). Tumbuhan akan dapat diolah menjadi senyawa kimia esensial seperti 5-Hidroksimetilfurfural (HMF) dan asam levulinat (LA). Bukan hanya bahan bakar, keduanya juga bisa diolah menjadi bahan baku untuk plastik maupun pelarut.

Sebelumnya dalam sebuah kesempatan, Prabowo menjawab pertanyaan soal pengembangan komoditas. Salah satunya menjelaskan rumput laut dapat menggantikan apapun. “Rumput laut itu bisa kita pakai sebagai gantinya pupuk, rumput laut bisa kita jadikan BBM. Luar biasa rumput laut,” jelas Prabowo.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours