PTPP Berencana lanjutkan Penjualan Aset, Usai Lepas Saham PLTA

JAKARTA — Emiten konstruksi BUMN, PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) masih berencana melanjutkan penjualan aset di 2024 usai melepas sahamnya di proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) kepada PT Energi Infranusantara (EI) yang merupakan anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META). Corporate Secretary PTPP Bakhtiyar Efendi menjelaskan, anak perusahaan PTPP yaitu PT PP Energi telah melakukan penjualan seluruh saham (Divestasi) pada PT Inpola Meka Energi. Kedua pihak telah melakukan penandatanganan Akta Jual beli Saham atau Sales Purchase Agreement (SPA) atas kepemilikan saham tersebut.

“Dana segar hasil penjualan saham PT Inpola Meka Energi dapat menambah kas PT PP Energi sehingga likuiditas menjadi lebih besar di posisi aset lancar dan solvabilitas menjadi terjaga. Hal ini selaras dengan strategi perusahaan dalam rangka penyehatan keuangan melalui divestasi beberapa portofolio bisnis,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (4/1/2024).

Di tengah peningkatan liabilitas, Direktur Strategi Korporasi dan HCM PTPP Sinur Linda Gustina menyampaikan bahwa perseroan akan melakukan divestasi aset guna meningkatkan arus kas dan merampingkan portofolio bisnis. Salah satu aset yang sudah dilepas adalah saham PT Sinergi Investasi Properti (SIP) sebanyak 90.800 lembar dengan nilai sebesar Rp1,16 juta per saham pada akhir Juni 2023. Dari aksi divestasi tersebut, PTPP mengantongi dana senilai Rp105,9 miliar. “Dan, sedang dalam proses due diligence dengan investor potensial adalah PT Ferry Property di mana saham kami 49%,” ujar Linda dalam paparan publik, Rabu (20/12/2023).

Emiten BUMN Karya ini juga berencana melepas kepemilikan sahamnya di PT Citra Waspphutowa yang bergerak di bidang pengelolaan jalan tol ruas Depok-Antasari. PTPP berencana melego 6,74% kepemilikan saham di perusahaan tersebut. PTPP rencananya turut menjual 70% saham di salah satu portofolio anak usahanya PT PP Energi, yakni PT Odira Karang Agung. Linda menuturkan Odira Energi bersama investor potensial kini sedang berproses melakukan eksplorasi gas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours