Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Tingkatkan Kesadaran Siswa Terkait Cybersecurity

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 17 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur program studi Sistem Informasi sedang memberikan pembelajaran mengenai bahaya Cybercrime pada hari pertama KKN . Dunia digital yang terus berkembang membawa risiko baru, dan pemahaman siswa tentang keamanan siber bukanlah suatu pilihan, melainkan suatu keharusan. Pengenalan Cybercrime ini dilakukan di SMPN 35 Surabaya, materi tersebut kami berikan kepada siswa kelas 8A.

Pada hari Rabu (22/11) Mahasiswa KKN Kelompok 17 telah merancang serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari pertama KKN.  Fokus utama tim KKN adalah memperkenalkan dan menerapkan kesadaran cybersecurity, pemaparan modus penipuan online dan cara mengidentifikasinya kepada para siswa. Selanjutnya sesi Ice breaking dan kuis seru untuk mencairkan suasana belajar.

Salah satu tujuan KKN di SMPN 35 Surabaya yaitu untuk menekankan pentingnya memahami risiko siber, mengidentifikasi ancaman, dan melibatkan siswa-siswa dalam membangun sikap bertanggung jawab di dunia maya. Pemahaman tentang keamanan siber menjadi semakin penting seiring dengan kemajuan dalam keterampilan berpikir komputasi. Perkembangan dunia digital membawa risiko baru, jadi memahami keamanan siber menjadi suatu keharusan bagi siswa.

Diharapkan bahwa KKN di SMPN 35 Surabaya akan menjadi teladan untuk kegiatan serupa di tempat lain dimana pendidikan dan pemberdayaan masyarakat diutamakan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat membawa pulang pengalaman berharga yang akan memberi mereka inspirasi untuk terus berkontribusi pada pembangunan masyarakat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours