Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Mengembangkan Cara Berpikir Komputasional menggunakan Game-Based Learning

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 17 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur program studi Sistem Informasi sedang memberikan pembelajaran coding dengan menggunakan media codecombat pada hari kedua KKN. CodeCombat sendiri yaitu sebuah platform pembelajaran pemrograman interaktif yang dirancang untuk membantu orang mempelajari keterampilan pemrograman melalui pendekatan bermain game. pembelajaran coding dilakukan di SMPN 35 Surabaya, materi tersebut kami berikan kepada siswa kelas 8A.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan KKN pada hari kedua ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan berpikir komputasional secara praktis melalui interaksi dengan game berbasis website.

Pada hari Rabu (29/11) Mahasiswa KKN Kelompok 17 telah merancang serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari kedua KKN, tentunya rangkaian kegiatan yang kami rancang sangat menarik dan edukatif untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir mereka. Kegiatan pada hari kedua yaitu Pemaparan Materi Logika Dasar Computing, Praktik Penerapan Logika Dasar Computing menggunakan CodeCombat, dan penghujung acara yaitu rewarding untuk siswa yang aktif beserta penyerahan plakat untuk SMPN 35 Surabaya.

Kegiatan tersebut tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir mereka secara komputasional

Salah satu tujuan utama KKN di SMPN 35 Surabaya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memastikan bahwa siswa-siswa tersebut memiliki pemahaman teknologi yang baik. Mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan pendidikan, termasuk pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran yang kreatif, dan memberikan bantuan kepada guru dalam proses pengajaran sehari-hari.

Oleh karena itu, diharapkan bahwa kegiatan KKN di SMPN 35 Surabaya dapat menjadi teladan untuk kegiatan serupa di tempat lain, dimana pendidikan dan pemberdayaan masyarakat diutamakan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Para mahasiswa juga diharapkan dapat membawa pulang pengalaman berharga yang akan menjadi modal untuk turut serta berkontribusi lebih lanjut dalam pembangunan masyarakat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours