Harga Cabai Makin Pedas, Jokowi: Memang Selalu Fluktuasi Seperti Itu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari kenaikan harga cabai yang makin pedas belakangan ini. Menurut Presiden, kondisi itu terjadi karena faktor musiman.

“Memang selalu fluktuasi seperti itu, pada musim hujan biasanya cabai yang ditanam itu membusuk, maka orang produksinya saat musim tertentu, tapi tidak sepanjang tahun,” kata Jokowi usai melakukan pembagian BLT El Nino di Manado, Kamis (28/12/2023).

Meski begitu, dia mengatakan, harga cabai di kawasan Jawa sudah mengalami penurunan menjadi Rp 75.000 per kilogram. Meski di beberapa tempat diakui masih ada yang di atas Rp 100.000 per kilogram. Melansir Panel Harga Badan Pangan, harga cabai rawit merah rata-rata nasional di tingkat pedagang eceran pada (28/12/2023), sudah Rp 80.290 per kilogram.

Namun di beberapa tempat masih ada yang di atas Rp 100.000 seperti di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Seribu, Majalengka, Sumedang, Kabupaten Sikka, Kantingan, Murung Raya, Kabupaten Malinau, dan lainnya.

Sedangkan harga Cabai Merah Keriting rata-rata nasional Rp 56.520 per kilogram, namun masih ada beberapa kabupaten yang di atas harga Rp 100.000 per kilogram. Seperti Kabupaten Bolaang Mongondow, Minahasa, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Minahasa Selatan dan lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours