China Makin Mengkhawatirkan, Jokowi Minta RI Waspada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewaspadai situasi China yang main mengkhawatirkan, Indonesia merupakan mitra dagang utama, yang akan terdampak langsung jika ekonomi China melemah. Jokowi mengatakan “Pelemahan ekonomi Tiongkok sebagai mitra dagang utama Indonesia harus kita antisipasi ini penting sekali,” dalam acara seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di Hotel St Regis, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Jokowi juga menyoroti kebijakan moneter Amerika Serikat (AS). Meski ada rencana pelonggaran, namun kondisi ekonomi AS yang kuat tetap harus diwaspadai karena tidak menutup kemungkinan arah kebijakannya berubah. Jokowi mengingatkan kepada seluruh lini agar tetap konsisten dalam bekerja, berkelanjutan dan sinergi antara pemerintah dan swasta. Salah satunya dalam menarik investasi.

Jokowi mengatakan “Kita harus konsisten tarik investasi baik investasi di dalam negeri maupun dari luar. Investasi perusahaan-perusahaan besar maupun investasi usaha-usaha kecil,”. “Tapi juga bukan sembarang investasi kita harus fokus investasi yang beri nilai tambah besar ke negara kita investasi hilirisasi di sektor unggulan baik mineral pertanian perikanan dan kelautan perkebunan semuanya serta penguatan ekonomi digital hijau dan biru,” ungkapnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours