Resmi! Jokowi Bangun Kantor Kepolisian Di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan kantor kepolisian resor dan komando distrik militer di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2023). Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pembangunan gedung polres khusus kawasan IKN di atas lahan seluas 6.189 meter persegi.

“Ini bukan luas lahan, luas lahannya seingat saya 12 hektare, ini adalah luas bangunan, dan pembangunan gedung polres ini akan dibangun sekitar sembilan bulan dengan anggaran sebesar Rp 160 miliar,” katanya.

Jokowi menitipkan pesan dalam pembangunan polres, desain gedung harus mengusung konsep ramah lingkungan. Selain itu, kepala negara juga mengingatkan perlunya pembangunan yang terencana sejak awal. Seperti peletakan CCTV di semua sudut, command center, juga tempat analisis untuk Artificial Intelligence (AI). Juga Polres IKN juga bisa menjadi percontohan untuk kawasan yang aman bagi wilayah lain.

“Sekalian, ini akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan, yang berkaitan dengan kriminalitas utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di ibu kota Nusantara,” ujar Jokowi.

Setelah meresmikan pembangunan Polres IKN, Jokowi juga meresmikan markas Kodim Tipe A di IKN. Markas itu dibangun di atas lahan seluas 3,29 hektare sebagai hunian hingga fasilitas pendukung kegiatan keamanan di IKN.

“Dan di area ini akan dibangun kantor kodimnya, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, ada aulanya dan juga prasarana pendukung lainnya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menitipkan satu hal terkait desain markas Kodim ini harus lebih modern dan mengusung konsep bangunan yang ramah lingkungan. Sehingga nantinya bisa dijadikan percontohan bagi Kodim lainnya di seluruh Indonesia.

Jokowi mengatakan, Nusantara sebagai IKN dan pusat pemerintah merupakan objek vital yang strategis, sehingga perlu dipastikan keamanannya. Keberadaan Kodim tipe A di IKN akan mendukung dan melindungi IKN dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam.

“Saya berharap keberadaan Kodim IKN ini akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara,” ujar Jokowi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours