Pasar Keuangan RI Beri Untung Besar, Asing Belum Banyak Yang Masuk

Investor asing dalam lima pekan beruntun masuk ke pasar keuangan domestik. Kendati demikian, angka tersebut tidak cukup besar melihat kondisi global yang relatif mulai stabil dan jelas. Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) merilis data transaksi 11 – 14 Desember 2023, investor asing di pasar keuangan domestik tercatat beli neto Rp6,82 triliun terdiri dari beli neto Rp3,98 triliun di pasar Surat Berharga Negara (SBN), beli neto Rp0,34 triliun di pasar saham, dan beli neto Rp2,50 triliun di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

Hal ini menjadi menarik mengingat imbal hasil yang ditawarkan SBN tenor 10 tahun Indonesia merupakan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan surat utang dengan tenor yang sama negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, AS, dan Filipina.

Di tengah perdagangan Senin (18/12/2023), imbal hasil SBN tenor 10 tahun Indonesia tercatat sebesar 6,57% sementara negara berkembang lainnya memiliki imbal hasil di bawah Indonesia, seperti Filipina sebesar 6,05%, Malaysia sebesar 3,75%, dan Thailand sebesar 2,77%. Sedangkan untuk negara maju seperti AS memiliki imbal hasil 3,91% dan Singapura di angka 2,76%.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours