Harga Emas Mulai Naik, Imbas Pembelian Investor Saat Emas Turun Pekan Lalu

Harga emas di pasar spot dibuka lebih tinggi pada awal perdagangan pagi ini, berusaha melanjutkan kenaikan pada perdagangan hari sebelumnya. Kenaikan harga emas didorong oleh aksi pembelian kembali para investor emas saat penurunan harga pada pekan lalu dan menanti data inflasi indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) Amerika Serikat (AS) periode November 2023. Pada perdagangan Senin (18/12/2023) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,44% di posisi US$ 2026,99 per troy ons.

Emas menguat pada perdagangan Senin karena para investor emas membeli emas batangan saat penurunan harga pada Jumat pekan lalu, sementara fokus mereka beralih pula ke data inflasi Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS untuk mendapatkan sinyal mengenai arah suku bunga The Federal Reserve (The Fed) pasca kecenderungan dovishnya baru-baru ini.

Faktor-faktor mendasar yang menjaga pasar emas tetap bertahan adalah melemahnya dolar AS, kebijakan moneter yang lebih longgar dan beberapa permintaan safe-haven dari meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Pekan lalu, The Fed mempertahankan suku bunganya tidak berubah dan mengindikasikan bahwa pengetatan kebijakan moneter bersejarah kemungkinan besar akan berakhir karena inflasi turun lebih cepat dari perkiraan. Namun Presiden The Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan bank sentral AS tidak berkomitmen untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat dan cepat.

Para pelaku pasar memperkirakan peluang 69% penurunan suku bunga The Fed pada bulan Maret 2024, menurut alat CME FedWatch. Para pelaku pasar kini menunggu serangkaian data ekonomi AS, termasuk laporan indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti bulan November pada hari Jumat mendatang. Tren penurunan suku bunga AS sering kali disertai dengan pergerakan bullish yang lebih kuat pada emas dan tren asimetris ini mungkin akan terus berlanjut dan menguntungkan emas, terutama pada semester pertama tahun depan dan harga bisa mencapai rata-rata US$2,050 per troy ons pada tahun 2024, menurut Intesa Sanpaolo dalam sebuah catatan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours