Dukun Kampung Bangka Belitung Dapat Insentif Pemerintah

Lebih dari 100 dukun kampung di mendapatkan dana insentif dari Pemerintah Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel). Kadisdikbud Belitung Soebagio mengatakan insentif Rp2,4 juta itu diberikan Pemkab Belitung sebagai apresiasi pelestarian kearifan lokal.

Soebagio mengungkapkan “Itu diberikan melalui program inovasi keminangan (kearifan lokal). Atau program yang berkaitan dengan insentif yang diberikan kepada tokoh adat Belitung yang selama ini menjaga kearifan lokal.”

Soebagio mengatakan 2023 ini adalah tahun kelima program itu berjalan. Dan sambungnya jumlah penerima setiap tahun selalu bertambah.

“Tahun ini merupakan tahun kelima sejak 2019. Setiap tahun jumlahnya bertambah, kalau tahun ini 120 dukun kampung. Dukun kampung ini jadi setiap kecamatan ada forumnya, kemudian tingkat Kabupaten,” tambahnya.

Dia menyebut program tersebut merupakan bagian dari 16 program inovatif di bawah kepemimpinan Bupati Sahani Saleh dan Wakil Bupati Isyak Meirobie. Pemkab menilai para dukun kampung itu berperan penting dalam menjaga nilai-nilai kearifan lokal dan adat istiadat Belitung.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours