FTX Likuidasi Aset, Buat Pasar Kripto Bergerak Negatif

Pasar kripto bergerak di teritori negatif dalam 24 jam terakhir setelah FTX mendapat persetujuan untuk likuidasi asetnya. Merujuk dari CoinMarketCap pada Kamis (30/11/2023) pukul 13.31 WIB, pasar kripto mayoritas melemah. Bitcoin turun 0,27% ke US$37.928,51 meskipun secara mingguan terapresiasi 1,62%. Ethereum berada di zona negatif 0,71% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir turun 1,15%. XRP terdepresiasi 0,81% secara harian dan secara mingguan juga turun 0,42%.

Namun berbeda halnya dengan Solana yang menguat 3,13% dalam 24 jam terakhir dan secara mingguan merangkak naik 4,48%. CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital turun 0,51% ke angka 1.556,86. Open interest terdepresiasi 1,67% di angka US$34,37 miliar.

Pelemahan pasar kripto hari ini didorong oleh sentimen FTX. Bursa kripto ini sudah tidak beroperasi, telah diberikan persetujuan oleh pengadilan kebangkrutan Delaware untuk memulai likuidasi aset perwaliannya. Penjualan ini akan membantu FTX mengamankan sekitar US$873 juta setelah penjualan aset. Pengadilan menjelaskan pertimbangan cermat yang mendasari tindakan tegas ini. Debitur diberi wewenang, namun tidak diarahkan, untuk melaksanakan penjualan aset perwalian, berdasarkan pertimbangan bisnisnya yang wajar, sesuai dengan prosedur penjualan. Di dalam aset perwalian bernilai tinggi FTX terdapat sebagian besar dana Grayscale, terutama Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Ia juga memiliki dana indeks kripto Bitwise.

Dinamika pasar baru-baru ini telah mendorong nilai perwalian menjadi US$873 juta setelah awalnya bernilai US$744 juta pada tanggal 25 Oktober. Lonjakan ini dapat dikaitkan dengan semakin menyempitnya diskon GBTC terhadap nilai aset bersihnya. Hal ini dipicu oleh reli harga Bitcoin yang sedang berlangsung selama sebulan terakhir. Efek riak diperkirakan akan bergema di seluruh sektor kripto. Hal ini mempengaruhi dinamika pasar dan membentuk sentimen investor.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours