Buruh Gelar Demo Dan Mogok Nasional Di Cikarang Barat

Massa pekerja/buruh hari ini menggelar demo dan mogok nasional di beberapa tempat. Salah satunya adalah di Kawasan Industri MM 2100, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bekasi Melawan (BBM) melakukan aksi unjuk rasa serentak di wilayah kabupaten dan kota Bekasi. Aksi tersebut merupakan respons terhadap penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) No. 51 tahun 2023 yang dianggap sebagai hanya akan menaikkan upah minimum kota/kabupaten 2024 sekitar 1% hingga 3%. Adapun tuntutan Aliansi Buruh Bekasi Melawan yang berjumlah kurang lebih 20 ribu orang ini, yakni mendesak agar UMK Tahun 2024 Kabupaten Bekasi mengalami kenaikan sebesar 15% serta menolak penerapan PP No 51 Tahun 2023.

Said Iqbal sebagai Presiden KSPI mengatakan “Aksi buruh di kawasan industri EJIP, MM 2100, Delta Silikon Cikarang kabupaten Bekasi sedang berlangsung. Daerah industri lainnya juga”. Said Iqbal pun mengancam kepada Pemerintah Daerah apabila UMK tidak dinaikkan sebesar 15% maka aksi mogok nasional akan terus dilanjutkan.

“Kalau gubernur nekat untuk merubah dan tidak menetapkan sesuai rekomendasi yang ada, maka kita bisa lakukan Mogok Nasional Lanjutan,” imbuhnya.

Sementara itu lewat pengumumannya PT Jasa Marga (Persero) Tbk  mengungkapkan akses jalan keluar Tol Cibitung yang mengarah langsung ke MM 2100 ditutup sementara sejak pukul 10.30 WIB. Para pengguna kendaraan diminta untuk mencari jalur alternatif.

“Keluar Cibitung arah Kawasan MM2100 ditutup sementara, ada Kegiatan penyampaian pendapat di jalan arteri. Gunakan jalur alternatif.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours