JK Menyebut Esemka Bohong-Bohongan dan 90% Nikel RI Dikuasai Oleh China

Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI mendadak komentari hadirnya brand mobil dalam negeri yaitu Esemka. Ia menilai bahwa munculnya mobil fenomenal tersebut hanya bohong-bohongan saja. Menurut JK, Indonesia seharusnya punya potensi untuk memproduksi mobil buatan dalam negeri dengan mengambil ilmu serta teknologi otomotif dari negara lain. Namun harus dilakukan secara benar, serius atau tidak bohong.

Untuk membuat brand otomotif sendiri, dia menyebut perlu kerja sama serta didorong semangat serta kerja sama yang baik antara pengusaha dan anak muda, dengan kemampuan sendiri, jadi jangan hanya bicara saja. JK mencontohkan negara Vietnam yang mampu membuat brand mobil sendiri dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu, JK juga mengungkapkan bahwa banyak kekayaan Indonesia yang diambil oleh negara lain, termasuk China. Padahal Indonesia memiliki Sumber Daya Alam melimpah dalam bersaing dengan banyak negara lain. JK juga menyampaikan perlu adanya kepercayaan diri dalam pengelolaan sumber daya alam tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours