Amerika dan Korea Selatan Berebut Bandar Kripto Do Kwon Yang Bangkrut

Pengadilan Montenegro mengatakan pemerintah negara tersebut dapat mengekstradisi Do Kwon ke Korea Selatan atau Amerika Serikat. Do Kwon adalah pendiri Terraform Labs, pencipta dua aset di balik jatuhnya pasar mata uang kripto global yaitu TerraUSD dan Luna. Keputusan mengenai negara tujuan ekstradisi Do Kwon akan diserahkan kepada kementerian terkait. Pemerintah AS maupun Korea Selatan telah menyebut Dokwon sebagai penipu. Di Amerika Serikat, Do Kwon dihukum karena penipuan bernilai miliaran dolar.

Polisi Montenegoro menangkap Do Kwon karena dicurigai memalsukan paspor. Do Kwon telah menjalani hukuman 4 bulan penjara di negara pecahan Yugoslavia sejak divonis bersalah pada bulan Juni. Do Kwon dan rekannya ditangkap di bandara karena memiliki paspor Kosta Rika “palsu”, beberapa paspor Belgia, laptop dan beberapa perangkat lain di dalam koper mereka. Mahkamah Agung di ibu kota Montenegro, Porgorica, menyatakan bahwa Do Kwon ingin diekstradisi ke Korea Selatan. Namun, karena Do Kwon tinggal di Singapura dan dicari oleh lembaga penegak hukum di berbagai negara, Menteri Kehakiman akan memutuskan tujuan ekstradisinya. Negara tujuan ekstradisi Do Kwon akan ditentukan setelah dia menyelesaikan hukumannya di Montenegro.

Do Kwon adalah warga negara Korea Selatan dan CEO Terraform Labs.Terraform Labs merupakan perusahaan pembuat stablecoin berbasis algoritma yang diberi nama TerraUSD dan pasangannya Luna. Pada Mei 2022, “keluarnya” TerraUSD dari patokan dolar AS memicu reaksi berantai yang menyebabkan penurunan nilai aset kripto lainnya di seluruh dunia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours