Pertama! Pembangunan Pabrik Pupuk di Papua Dengan Nilai Proyek Rp30 T

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan atau peletakan batu pertama Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Kamis (23/11/2023). Menurutnya, pembangunan ini penting agar Indonesia bagian timur memiliki industri pupuk.

Jokowi menilai pembangunan kawasan industri pupuk di Kabupaten Fakfak dilakukan karena kedekatannya dengan sumber gas dan mampu mendukung rencana besar pembangunan gudang pangan di Papua ke depan. Selain untuk memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah Papua dan menyuplai pupuk ke daerah penanaman pangan, juga memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Maluku Utara. Pupuk yang dihasilkan nantinya akan diekspor ke Australia.

Jokowi menargetkan pembangunan proyek senilai Rp 30 triliun di wilayah tersebut dapat segera dilaksanakan dan selesai pada tahun 2038. Serta berharap pabrik pupuk ini akan memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 1,15 juta ton pupuk urea dan 825.000 ton pupuk urea amonia setiap tahunnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours