Israel Kena Batunya Ekonomi Melambat -2% Karena Perang Gaza

Perekonomian Israel diperkirakan tumbuh 2% pada tahun 2023. Ini turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,7%.Kementerian Keuangan Israel mengumumkannya langsung Kamis (23/11/2023) waktu setempat. Perang Israel dengan Hamas di Gaza, Palestina, menjadi penyebab.
Hingga tahun 2024, pertumbuhannya diperkirakan sebesar 1,6 persen. Perang tersebut mungkin berlangsung sekitar satu tahun, dengan pertempuran terberat berakhir pada kuartal pertama (Q1) di perbatasan selatan Gaza.Dikatakan, setelah perang berakhir pada awal tahun 2024, pertumbuhan bisa lebih baik dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,2 persen. Jika hal ini terus berlanjut, bahkan hingga tahun 2025, pertumbuhan terhenti di angka 0,2%.

Sebelum perang diketahui Israel mematok pertumbuhan ekonomi 2023, sebesar 3,4%. Dampak perang telah menurunkan 1,4 poin persentase.
“Faktor utama yang membebani pertumbuhan adalah sentimen konsumen yang buruk yang kemungkinan besar akan berdampak pada belanja swasta yang datar, yang merupakan pendorong pertumbuhan utama Israel,” kata kementerian. “Sementara ekspor diperkirakan akan turun 0,6% tahun ini.”Di 2022 ekonomi tumbuh 6,5%.
“Situasi perang ditandai dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi, namun dampaknya terhadap perekonomian lebih dari sekedar insiden keamanan yang dialami oleh negara Israel selama dua dekade terakhir,” kata sebuah laporan lain dari kantor kepala ekonom kementerian menjelang diskusi pemutakhiran APBN tahun 2023 dan 2024 Israel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours