Pengembangan 14 Kota Lebih Murah Dari IKN Kata Timnas AMIN

Timnas pemenangan Anies-Muhaimin membuktikan membangun 14 kota seperti Jakarta membutuhkan biaya lebih murah dibandingkan membangun ibu kota nusantara (IKN). Mereka merujuk pada penelitian yang dilakukan Bank Dunia pada tahun 2015. Wakil kapten tim nasional pemenangan Anies-Muhaimin, Thomas Lembong, mengatakan penelitian tersebut membahas besaran dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar 14 kota di Indonesia. Menurut dia, jumlah penduduk di 14 kota tersebut sebanyak 18,5 juta jiwa.

Pengusaha itu mengatakan, jika dihitung ulang, perkiraan biaya untuk membangun 14 kota besar mirip Jakarta akan meningkat pada tahun 2024. Namun jumlah tersebut hanya Rp 270 triliun, hampir setengah dari biaya yang dibutuhkan untuk membangun IKN di kawasan timur. Kalimantan diperkirakan berpenduduk 2 juta jiwa pada tahun 2045. Thomas mengatakan, 14 kota yang bisa dibangun adalah Batam, Bangka, Bogor, Pontianak, Semarang, Surakarta, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar. , Denpasar dan Lebak BaratIa mengatakan, pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin tak segan-segan terus mengembangkan IKN.

Ia mengatakan, pembangunan IKN merupakan proyek yang sah secara hukum. Namun, dia mengatakan Anies-Muhaimin akan membuka konsultasi publik terlebih dahulu mengenai kelanjutan proyek IKN. Konsultasi publik tersebut akan mengundang perwakilan masyarakat dari berbagai sektor untuk menampung aspirasi terkait IKN.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours