Membedah Dapur BTPN Syariah Isinya Bukan Bankir Biasa

Bukan hal asing lagi bahwa masyarakat Indonesia sangat senang berkumpul. Bahkan ada ungkapan terkenal, makan gak makan asal kumpul.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kebersamaan bagi penduduk negara ini.
Praktik ini kemudian diadopsi dan menjadi landasan PT Bank BTPN Syariah Tbk. berbagi uang Didirikan pada tahun 2010, bank syariah ini menyasar perempuan-perempuan kurang mampu dan tidak bisa memiliki rekening bank atau rekening bank.
Saat ini, emiten bersandi BTPS ini merupakan satu-satunya bank umum di Indonesia yang fokus pada pemberdayaan kelompok perempuan kurang mampu. Hingga September 2023, BTPN Syariah telah mendaftarkan 4,3 juta nasabah aktif di 258.000 komunitas di 2.600 kecamatan di seluruh Indonesia.
Di balik pencapaian tersebut terdapat sistem unik yang diterapkan BTPN Syariah. Community Officer (CO) atau bankir yang bekerja di lapangan memegang peranan yang sangat penting.
Mereka bukan sekadar bankir yang menjadi jembatan bagi bank dalam menyalurkan pendanaan. Mereka juga merupakan pemimpin Bank Dunia dalam memberikan daya juang yang lebih besar kepada perempuan rentan di Indonesia.
Inilah Linda Sari, CO BTPN Syariah asal Sulawesi Selatan yang bergabung pada tahun 2019. Ia telah menceritakan banyak kisah unik dan inspiratif untuk membantu perempuan yang mengalami kebangkrutan dalam mengakses permodalan.
Bukan hanya itu. Tidak jarang para CO BTPN Syariah juga harus sampai mengajarkan baca dan tulis terlebih dahulu kepada calon nasabah.

Akan tetapi, ajaibnya tidak tampak sedikitpun keluh pada raut wajah Linda saat menceritakan hal tersebut. Dia justru terlihat bersemangat dan bahagia melakukan pekerjaannya.

“Akan tetapi, ajaibnya tidak tampak sedikitpun keluh pada raut wajah Linda saat menceritakan hal tersebut. Dia justru terlihat bersemangat dan bahagia melakukan pekerjaannya”.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours