Tiktok Mulai Dekati E-Commerce RI, Teten Beri Bocoran

TikTok disebut tengah mendekati Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli untuk menjadi mitra. Kabar ini disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. Dalam wawancara yang dikutip Reuters, Teten mengungkapkan bahwa TikTok telah berdiskusi dengan 5 perusahaan ecommerce Indonesia termasuk Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Dua perusahaan lain tidak disebut oleh Teten.

Berdasarkan hasil riset Momentum Works, lima perusahaan ecommerce teratas di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Shopee dan Tokopedia bersaing ketat memimpin pasar belanja online RI yang nilainya mencapai US$ 51,9 miliar atau nyaris menyentuh Rp 775 triliun sepanjang 2022.

Sebelumnya, TikTok Shop ditutup pada bulan Oktober setelah Kementerian Perdagangan menerbitkan revisi regulasi soal ecommerce yang isinya melarang platform media sosial beroperasi sekaligus sebagai ecommerce serta melarang penguasaan data lintas platform oleh perusahaan yang sama. Menurut sumber Reuters, TikTok dan YouTube mempertimbangkan untuk mengajukan izin ecommerce di Indonesia mengikuti jejak Meta, induk usaha Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Teten menyatakan bahwa ia diberikan tugas oleh Presiden Jokowi untuk merancang aturan ecommerce. Ia dijadwalkan bertemu CEO TikTok Shou Zi Chew dalam waktu dekat. “Saya mau mereka untuk berkomitmen membangun bisnis yang berkelanjutan yang tidak merugikan produk UMKM,” kata Teten. Teten juga mengusulkan penerbitan aturan tambahan terkait produk impor lewat eocmmerce.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours