Produk Israel Yang Diboikot Indonesia Serta Internasional

Di Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara Islam dunia muncul seruan untuk memboikot produk Israel atau yang berafiliasi dengan bangsa tersebut. Bahkan, South China Morning Post mendaftar ada 121 produk Israel yang diboikot. “Daftar boikot tersebut telah beredar di Facebook dan TikTok Indonesia selama berminggu-minggu, menyebutkan 121 merek yang diklaim berafiliasi dengan Israel,” tulis media tersebut. Namun, lanjut media itu, tidak semua masyarakat Indonesia mendukung boikot yang dilakukan. Di sisi lain, MUI telah mengeluarkan fatwa untuk memboikot produk asal Israel sebagai dukungan untuk Palestina. Fatwa MUI ini membuat Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, turut angkat bicara.

Menurutnya, fatwa boikot produk Israel atau yang berhubungan dengan Israel ini harus disertai dengan rilis daftar produk Israel yang diboikot. “Saya sangat mendukung langkah tersebut. Tentu hal ini harus dibarengi dengan klarifikasi tentang jenis transaksi dan produk-produk dagang apa yang berafiliasi dengan Israel agar masyarakat tahu mana produk-produk yang dimaksud,” ujarnya dalam siaran persnya, Senin (13/11/2023).

Meski MUI belum mengeluarkan daftar produk Israel yang diboikot, namun di media sosial telah banyak berseliweran daftar produk-produk yang harus diboikot. Di bawah ini adalah 121 produk yang mendapat seruan diboikot di media sosial.  Belum dikonfirmasi lebih lanjut apakah produk-produk di atas merupakan buatan Israel dan berafiliasi dengan Israel atau tidak. Akan tetapi, dengan adanya fatwa MUI, umat muslim perlu berhati-hati.

Beberapa Produk Israel Diboikot Internasioanal Yang Sedang Viral

1. McDonalds

2. Kfc

3. Pizza hut

4. Burger king

5. Starbucks

6. Subway

7. Rinso

8. Molto

9. Pepsodent

10. Close up

11. Sensodyne

12. Oral-b

13. Pantene

14. Sunsilk

15. Lifeboy

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours