PEMINATAN MAGANG PUBLIC RELATIONS DI SURABAYA TV: MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DI STASIUN TELEVISI LOKAL

Surabaya, 14 November 2023 – Industri media massa terus berkembang, dan peran Public Relations (PR) semakin vital dalam membangun citra positif dan menjaga hubungan baik antara suatu organisasi dengan publiknya. Di tengah kemajuan teknologi dan persaingan ketat, Surabaya TV sebagai salah satu stasiun televisi lokal terkemuka di Surabaya membuka pintu bagi mahasiswa magang yang berminat memperdalam kemampuan PR mereka.

Saya Farel Alvi Fahreza dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau lebih sering dikenal kampus merah putih yakni UNTAG Surabaya. Saya diberikan kesempatan untuk bisa magang dan belajar pengalaman baru di Surabaya TV, bagaimana menjadi orang dibalik layar di stasiun TV terutama di Surabaya TV. Yang mungkin jarang dilihat oleh masyarakat .

Saya magang di Surabaya TV dari 1 Agustus – 1 September 2023. Magang dilakukan setiap hari senin – jumat pukul 12.00 – 16.00 di Surabaya TV. Saya diperkenalkan bagaimana cara kerja di Surabaya TV. tentunya yakni tapping suatu program mulai dari proses pra produksi, produksi,hingga pasca produksi.

Tapping merupakan proses perekaman atau pengambilan gambar suatu acara televisi atau segmen acara sebelum tayang. Ini memungkinkan produser untuk mengontrol dan mengedit konten sebelum disiarkan kepada pemirsa Surabaya TV. Dalam Proses Tapping tersebut juga bisa mengetahui mekanisme kamera tentunya. Meliputi dari pengaturan cahaya (Exposure), Pergerakkan kamera yang bagus dan tertata, Komposisi visual yang ditampilkan pada saat program sudah dimulai secara live maupun tapping.

Selain tapping saya juga mendapatkan tugas untuk di luar kantor, yaitu meliput kegiatan seminar di sekolah menengah atas yakni SMA AL-IRSYAD sebagai berita. Selama kegiatan saya mengoperasikan kamera dengan mengambil sudut pandang yang menarik. Kemudian ada sesi wawancara sebagai bentuk validasi data yang telah didapatkan.

Tidak sampai situ saya juga membuat video untuk media sosial Surabaya TV. Berita yang sedang hangat – hangat nya, sehingga bisa mengikuti dari setiap hari nya juga. Melalui instagram baik berupa video maupun postingan berita.

Selama magang berlangsung mahasiswa juga diminta untuk melakukan absen harian untuk dilaporkan setiap harinya. Saya sebagai mahasiwa UNTAG Surabaya juga diwajibkan membuat laporan magang yang nantinya akan dipresentasikan pada ujian sidang magang Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dalam ujian tersebut mahasiwa nantinya akan memaparkan semua kegiatan yang dikerjakan selama magang.

Salah satu kegiatan magang yang paling berkesan menurut saya adalah ketika melaksanakan taping dimana saya bertemu secara langsung dengan orang-orang hebat dan juga bisa mengetahui secara langsung bagaimana proses pembuatan sebuah program siaran televisi hingga bisa disiarkan. Dan orang-orang di Surabaya TV yang sangat luar biasa mau membimbing saya untuk bisa memahami dalam proses produksi tapping program yang perlu persiapan yang sangat matang,

Dengan berbagai kegiatan inilah saya dapat merasakan pengalaman kerja serta ilmu-ilmu baru di stasiun televisi yang dapat menjadi bekal untuk ke depannya ketika akan bekerja di stasiun TV. (Ghofi-Farel)

#KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours