Emiten Hutomo Beli Chemical Tanker, Ini Alasannya

Emiten Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang bergerak pada segmen transportasi energi dan jasa maritim, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) telah melakukan penambahan armadanya dengan pembelian kapal Oil & Chemical Tanker yang akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap bahan dasar Biodiesel B35, yakni methanol.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat mengatakan, pembelian armada tersebut merupakan salah satu bentuk strategi ekspansi Perseroan dalam memenuhi kebutuhan methanol yang terus meningkat. Menurutnya, peningkatan permintaan terhadap methanol merupakan dampak dari diperlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 terkait konservasi energi, dimana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran bahan bakar nabati dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35).

Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar nabati, methanol sebagai bahan dasarnya pun ikut meningkat. Dengan demikian, PT PCS Internasional (PCSI) selaku anak usaha dari HUMI telah memiliki enam unit kapal chemical. Tirta mengungkapkan, dengan adanya penambahan armada ini, HUMI optimis dapat mencapai peningkatan laba bersih sebesar 20,0% menjadi US$ 13,1 juta untuk 2023. Ia menyebut sektor bisnis angkutan petrokimia domestik khususnya angkutan methanol telah mencatatkan kinerja positif selama tiga tahun terakhir karena terjadi lonjakan muatan FAME terkait kebijakan pemerintah terhadap penggunaan Biosolar (B30) yang cukup signifikan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours