MENGENAL PROGRAM MANDARIN SONG MELALUI MAGANG DI SURABAYA TV

Industri penyiaran adalah salah satu media yang digemari oleh mahasiswa broadcasting. Surabaya TV merupakan stasiun TV lokal Surabaya yang menyediakan informasi, hiburan, dan konten berkualitas. Dalam artikel ini, saya akan membagikan pengalaman magang dibalik layar Surabaya TV, mengungkap berbagai aspek dari dunia broadcasting yang sering kali tidak terlihat oleh mata masyarakat.

Saya Muhamad Ilham Amar Baarsyah mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berkesempatan untuk melakukan kegiatan magang di Surabaya TV selama satu bulan terhitung dari tanggal 24 Juli – 1 September 2023.  Magang dilakukan hari senin – jumat pukul 12.00 – 16.00 WIB. Sehari-hari saya diperkenalkan aktivitas dibalik layar yang ada pada Surabaya TV, salah satu diantaranya adalah tapping program.

Tapping merupakan proses perekaman atau pengambilan gambar suatu acara televisi atau segmen acara sebelum tayang. Ini memungkinkan produser untuk mengontrol dan mengedit konten sebelum disiarkan kepada khalayak.

Dalam proses tapping saya bertugas mengoperasikan kamera selama tapping berlangsung. Hal-hal yang saya dapatkan setelah mempelajari proses tapping adalah mengetahui mekanisme kamera dalam pengambilan gambar seperti pengaturan kadaran cahaya (Exposure), komposisi visual, pergerakan kamera, dan lain-lainnya.

Selain proses tapping saya mendapatkan tugas di luar area kantor. Saya membantu meliput berita yang berlangsung di Pakuwon City Mall yang dibawakan oleh narasumber Maxmillian Wienardi tentang Sharing Economy. Selama kegiatan berlangsung saya tetap mengoprasikan kamera namun dengan pengalaman yang berbeda dikarenakan kegiatan tersebut terdapat proses wawancara secara langsung.

Selain itu juga diajarkan proses editing video dengan menggunakan aplikasi Adobe Premier Pro. Dengan itu saya mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengeditatan video sebelum video tersebut beredar untuk khalayak umum.

Selama magang berlangsung mahasiswa juga diminta untuk melakukan report harian untuk dilaporkan setiap harinya. Saya sebagai mahasiwa UNTAG Surabaya juga diwajibkan membuat laporan magang yang nantinya akan dipresentasikan pada ujian sidang magang Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dalam ujian tersebut mahasiwa nantinya akan memaparkan semua kegiatan yang dikerjakan selama magang.

Salah satu kegiatan magang yang paling berkesan menurut saya ialah ketika melaksanakan taping dimana saya bertemu secara langsung dengan orang-orang hebat dan juga bisa mengetahui secara langsung bagaimana proses pembuatan sebuah program siaran televisi hingga bisa disiarkan.

Dengan berbagai kegiatan inilah saya dapat merasakan pengalaman kerja serta ilmu-ilmu baru di stasiun televisi yang dapat menjadi bekal untuk ke depannya. (Ghofi-Amar)

#KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours