MENGASAH BAKAT BROADCASTING MELALUI MAGANG DI SURABAYA TV

Broadcasting atau Penyiaran merupakan istilah umum yang mengacu pada proses pengiriman konten multimedia (seperti audio, video, dan teks) kepada pemirsa yang tersebar luas melalui berbagai saluran, termasuk radio, televisi, dan internet. Ini adalah cara utama dimana berita, hiburan, dan informasi disampaikan kepada masyarakat.

Penyiaran televisi adalah sub-bidang dalam dunia broadcasting yang terfokus pada produksi dan penayangan konten visual dan audio kepada pemirsa melalui saluran televisi. Ini melibatkan stasiun televisi yang menghasilkan program-program seperti berita, acara hiburan, olahraga, dokumenter, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, saya akan bagikan pengalaman magang saya di Surabaya TV, mulai dari mempelajari produksi program, membuat konten berita di media sosial dan cara menyunting konten menggunakan aplikasi.

Saya Hillmawan Theo Ekatama mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berkesempatan untuk melakukan magang di Surabaya TV selama 30 hari terhitung dari tanggal 1 Agustus – 11 September 2023. Kegiatan magang dilakukan mulai dari jam 13.00 – 16.00 WIB. Salah satu tugas saya ketika magang di Surabaya TV adalah menjadi kameramen yang bertugas untuk melakukan aktivitas pengambilan gambar dan bertanggung jawab atas kualitas gambar yang diperoleh.

Satu tugas cameramen adalah untuk merekam gambar atau momen yang terjadi dan memastikan bahwa video yang direkam sudah layak untuk masuk ke proses selanjutnya yaitu menyunting video. Dalam penyiaran televisi, tapping mengacu pada proses pengambilan gambar dan sudah dijadwalkan untuk disiarkan pada waktu yang sudah ditentukan.

Selain tapping, saya disana juga mendapatkan jobdesk untuk membuat berita untuk diunggah di situs web Surabaya TV. Dengan begitu, saya mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan sebuah berita, terutama harus mengandung unsur 5W+1H agar informasi atau berita yang dihasilkan lengkap, jelas, dan informatif. Setelah selesai, berita tersebut diposting di website surabayatv.tv dan di sosial media Instagram surabayatv.official.

Disana juga saya diajarkan bagaimana menyunting video berita melalui aplikasi Adobe Premier Pro. Sama halnya membuat berita tadi, video berita yang sudah selesai disunting akan diunggah di media sosial Instagram surabayatv.official.

Dalam periode magang, tugas harian yang harus dilaporkan setiap hari juga mencakup kewajiban saya sebagai mahasiswa UNTAG Surabaya. Selain itu, laporan magang yang saya susun akan menjadi materi yang akan saya presentasikan saat mengikuti ujian sidang magang di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dalam ujian tersebut, nantinya saya akan memaparkan semua kegiatan selama masa magang.

Hal yang paling berkesan dan memberi saya pengalaman baru adalah ketika saya mengikuti program tapping diluar perusahaan dengan bertemu banyak orang baru dan melakukan pekerjaan secara professional.

Melalui beragam kegiatan ini, saya mendapatkan pengalaman yang berharga serta memperoleh pengetahuan baru di stasiun televisi, yang akan menjadi modal berharga untuk perjalanan karier saya ke depannya. (Ghofi-Theo)

#KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours