Harga Emas Antam Turun, Diskon Sampai Rp7.000

Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Kamis (9/11/2023) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung jatuh Rp7.000 ke Rp1.087.000 per gram. Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) turut anjlok Rp6.000 ke Rp981.000 per gram.

“Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam melorot tak lepas dari pengaruh emas dunia. Pada perdagangan Rabu (8/11/2023) harga emas di pasar spot ditutup anjlok 0,95% di posisi US$ 1949,79 per troy ons. Hal ini membuat emas turun tiga hari beruntun dengan pelemahan menembus 2,13%. Harga penutupan kemarin adalah yang terendah sejak 18 Oktober 2023 atau 15 hari perdagangan terakhir. Harga emas telah turun tiga hari beruntun karena investor mencari isyarat baru mengenai sikap suku bunga bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed), sementara paladium mencapai level terendah dalam lima tahun.

Sejumlah pejabat The Federal Reserve pada hari Selasa menegaskan sikapnya untuk mengeluarkan kebijakan yang seimbang terhadap keputusan bank sentral berikutnya, namun mencatat bahwa mereka akan fokus pada lebih banyak data ekonomi dan dampak dari imbal hasil obligasi jangka panjang yang lebih tinggi. Emas sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS karena meningkatkan opportunity cost ketika memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil. Suku bunga yang lebih rendah meningkatkan daya tarik emas. Kenaikan suku bunga AS juga akan melambungkan dolar AS yang membuat emas semakin tidak terjangkau untuk dibeli.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours