Prabowo Beberkan Rencana Tiru ‘Revolusi Putih’ India Untuk Menangani Stunting

Capres dari Partai Gerindra, Golkar, PSI, Gelora dan Parta Demokrat, yaitu Prabowo Subianto telah membeberkan rencananya untuk menjalankan program makan siang bagi anak-anak dan juga ibu hamil. Program ini rencananya akan masuk ke dalam program penanganan stunting di Indonesia. Negara India merupakan salah satu negara yang menerapkan program ‘makan siang’ ini.

“Makan siang untuk anak sekolah, apakah ini masuk pendidikan atau juga jadi kalau Rp 400 triliun sebenarnya alokasinya sudah ada. Untuk perlindungan bantuan sosial hampir Rp 500 triliun, kalau buat makan siang akan meringankan apalagi ketahanan pangan,” paparnya.

“Jadi saya optimistis makan siang akan dilaksanakan kalau urusan Rp 400 triliun – Rp 500 triliun, daripada gak jelas langsung ke akar masalah,” katanya.

Sebelumnya program ini pernah dilaksanakan, tetapi hasil laporan yang terjadi membuat miris. Biaya stunting yang dialokasikan di tiap daerah sebesar Rp10 miliar, tetapi menurut laporan sebesar Rp8 miliar dipakai untuk rapat kerja dan biaya perjalanan dinas, tegas Prabowo.

“Masalah stunting itu tanggung jawab kita. Presiden sudah ambil langkah,” ungkapnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours