Anies Soroti Maraknya Pinjol Yang Jerat Masyarakat

Calon presiden (capres) Anies Baswedan turut menyoroti soal maraknya platform pinjaman online (pinjol) yang menjerat warga RI. Banyak warga RI yang akhirnya gagal bayar karena tergiur dan ketagihan pinjol. Apalagi, ada ratusan pinjol ilegal yang beredar dan sedang disapu bersih oleh pemerintah Indonesia. Menurut Anies, peran koperasi simpan pinjam yang dulu menjadi andalan pinjaman dana darurat masyarakat harus dikembalikan.

Kita butuh mengembalikan koperasi menjadi salah satu pelaku penting,” ia menuturkan. Salah satu yang menjadi fokus Anies dalam pemaparannya adalah pengentasan kemiskinan. Untuk itu, ia mendorong terciptanya lapangan kerja yang berkualitas.

Untuk mencapai hal itu, kata Anies, perlu didorong sektor-sektor usaha yang menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, harus ada peningkatan kualitas manusia dari sisi pendidikan dan gizi rumah tangga. Jika masyarakat perlu dana darurat untuk kebutuhan sehari-hari, Anies mendorong agar koperasi dibangkitkan. Menurut dia, fenomena pinjol harus digeser untuk kembali ke koperasi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours