Praktis! Begini Cara Instan Cek BPJS Masih Aktif Atau Tidak

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah program jaminan kesehatan yang dibentuk pemerintah. Pada saat ini harga pengobatan tergolong serba mahal, maka dari itu pemerintah membuat program BPJS. Ruang lingkup BPJS tidak hanya dari kalangan orang dewasa atau subsidi dari kantor tempat kita bekerja, masyarakat awam bisa mendaftarkan bayi yang baru lahir, begitu juga seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali agar bisa terlindungi program BPJS.

BPJS tidak seperti asuransi swasta lainnya yang hanya bisa digunakan untuk rawat inap, BPJS justru dapat digunakan untuk rawat inap maupun rawat jalan, mulai dari fasilitas kesehatan tingakat pertama seperti puskesmas, hingga mendapatkan rujukan di rumah sakit,

Di sisi lain, untuk konsumen BPJS harus mengecek secara berkala akun yang mereka miliki, apakah status akun masih aktif atau sudah tidak aktif agar bisa terus menggunakan layanan kartu BPJS. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek status kartu BPJS diantaranya, melalui:

  1. Mengunduh aplikasi Mobile JKN (login dengan NIK atau nomor kartu BPJS dan memasukkan pasword)
  2. Menghubungi call center BPJS 165, dan
  3. Melalui whatsapp untuk menghubungi CHIKA ke nomor 08118750400, atau melalui chatbot aplikasi Telegram di akun @Chka_BPJSKesehatan_bot.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours