Banyak Atribut Kampanye Diselundupkan Untuk Kepentingan Pemilu

Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta menduga rendahnya pesanan atribut kampanye jelang Pemilu 2024 disebabkan oleh maraknya barang impor. Dia menduga banyak atribut kampanye yang diselundupkan ke dalam negeri untuk kepentingan pemilu. “Kenapa Impor? Karena dia dianggap lebih murah. Tapi sebenarnya tidak lebih murah kalau dia pakai jalan yang legal,” kata Redma saat dihubungi, Senin, (30/10/2023).

Redma mencontohkan untuk mengimpor secara legal satu kaos jadi dengan harga Rp 30 ribu, maka pengimpor juga harus membayar bea masuk sekitar Rp 30 ribu. Sementara, harga kaos produsen lokal ditaksir hanya senilai Rp 35 ribu. Dengan harga yang terlampau jauh itu, Redma meyakini kaos kampanye impor tak akan diminati apabila itu diimpor secara legal.

Redma mengaku mendapatkan informasi mengenai kaos impor yang sudah masuk ke Indonesia itu. Dia mengatakan salah satu anggotanya sempat menyaksikan adanya gudang yang digunakan untuk menyimpan kaos-kaos tersebut. “Kemarin kami konfirmasi ke teman-teman di hilir,” kata dia. Dua pedagang atribut kampanye di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat mengkonfirmasi sepinya pembelian atribut kampanye di Pemilu 2024 ini. Suwitri, pemilik toko Win Jaya mengatakan biasanya pesanan sudah datang bahkan 1 tahun sebelum pemilu. Saat ini, kata dia, pesanan pertama malah baru tiba satu bulan lalu.

Dia mengatakan biasanya para pembeli memesan dengan jumlah di atas angka 5.000 atribut. Namun sekarang, kata dia, pesanan paling banyak hanya 1.000 barang. “Penurunannya bisa 70% lah,” kata dia. Setali tiga uang yang dihadapi oleh Mardiati, pemilik toko Jasa Mandiri. Dia memperkirakan mengalami penurunan penjualan sebanyak 80%. Biasanya, kata dia, sudah mendapatkan pesanan 2 tahun sebelum pemilu dengan jumlah setiap pesanan mencapai puluhan ribu. Namun, tahun ini dia hanya mendapatkan pesanan dengan kisaran jumlah ribuan sampai ratusan barang. “Kalau dipikir-pikir nangis lho kita,” tutur dia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours