Singgung Soal Pajak, Ganjar: Pajak Tidak Boleh Menakuti Wajib Pajak

Calon Presiden Ganjar Pranowo mengatakan, cara meningkatkan pendapatan negara dari pajak adalah dengan mempermudah wajib pajak melakukan pembayaran. Pajak, kata dia, tidak boleh menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wajib pajak. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini berpendapat pembayaran pajak terkadang masih sulit. Bahkan ada yang merasa takut menunaikan kewajibannya sebagai warga negara.

Oleh karena itu Ganjar mendorong kemudahan dalam sistem perpajakan tanah air. Misalnya dengan menata regulasi, sistem dan kelembagaan, serta SDM pajak yang berprestasi. “Dan tidak boleh menakutkan wajib pajak. Orang-orang mau bayar pajak kadang-kadang sulit, takut, dan semuanya menjadi rumit, kenapa tidak dipermudah,” ujarnya di sela acara US-Indonesia investment summit ke-11 di Mandarin Oriental, Selasa (24/10/2023).

“Tentu kewajiban warga negara membayar pajak, pertanyaannya adalah kenapa membayar pajak sulit. Kenapa kemudian tidak dipermudah. Maka penataan mulai dari regulasinya, sistem dan kelembagaan dan terakhir aktornya yang mesti dipilih. Kalau dia tidak bisa berprestasi, achievement motivation-nya rendah, saya kira cepat-cepat diganti jangan ragu-ragu,” bebernya. Menurut Ganjar kemudahan sistem perpajakan juga dibutuhkan oleh pengusaha. Pasalnya ia mengklaim ada yang sudah melakukan permohonan pengampunan pajak atau tax amnesty namun masih ditagih pajak.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours