Ramai Jual Saham, 3 Pendiri GOTO Kompak Jual Sahamnya

Tiga pendiri PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ramai-ramai berencana untuk menjual sahamnya. Bursa Efek Indonesia (BEI) pun buka suara soal ini. Diketahui, Andre Soelistyo, William Taniwijaya, dan Kevin Aluwi berencana untuk menjual Multiple Voting Sharesnya (MVS) atau saham dengan hak suara multipel oleh emiten. Hal ini terjadi di tengah periode lock up saham yang sesuai POJK harusnya ditahan 10 tahun.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna pun menuturkan, menurut penelusuran timnya, pemegang saham MVS (saham seri B) di GOTO juga memiliki saham seri A (saham biasa). Selain itu, Nyoman mengingatkan, pemegang saham dapat melepas kepemilikannya merujuk pada ketentuan yang berlaku selama periode pelarangan pengalihan telah berakhir. Sementara itu, Kriteria saham MVS dapat berubah menjadi saham biasa sebagiamana diatur pada POJK 22 tahun 2021 pasal 14, dengan kondisi sebagaimana dijelaskan di atas, dimana apabila hal tersebut terjadi secara otomatis berdampak pada porsi hak suaranya.

Selain itu, Nyoman mengingatkan, pemegang saham dapat melepas kepemilikannya merujuk pada ketentuan yang berlaku selama periode pelarangan pengalihan telah berakhir. Sementara itu, Kriteria saham MVS dapat berubah menjadi saham biasa sebagiamana diatur pada POJK 22 tahun 2021 pasal 14, dengan kondisi sebagaimana dijelaskan di atas, dimana apabila hal tersebut terjadi secara otomatis berdampak pada porsi hak suaranya. Tercatat, hanya Direktur GOTO Melissa Siska Juminto yang tidak memiliki rencana untuk menjual saham yang dimilikinya di perseroan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours