BI Catat Penawaran Saluran Kredit Baru Meningkat

Bank Indonesia (BI) mencatat penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan untuk keseluruhan periode kuartal III/2023 terindikasi meningkat dibandingkan dengan kuartal II/2023. Berdasarkan Survei Penawaran dan Permintaan Pembiayaan Perbankan, peningkatan tersebut didasarkan permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta persaingan usaha dari bank lain. 

Peneliti Lembaga ESED dan Praktisi Perbankan BUMN Chandra Bagus Sulistyo pun mengatakan iklim usaha yang kondusif, di mana serangkaian acara internasional telah berlangsung di Indonesia telah menjadi salah satu katalis penawaran kredit. Selain itu, Chandra juga mengaitkan peningkatan penyaluran kredit baru ini sejalan dengan periode pesta demokrasi saat ini, di mana para kandidat presiden dan legislatif pusat dan daerah bergerak aktif dalam persiapan melakukan kampanye.

Kondisi ini mendorong aktivitas ekonomi di berbagai daerah, baik di tingkat UMKM dan korporasi, karena adanya upaya untuk memberikan dampak investasi di daerah tersebut. “Peningkatan ini kemudian berdampak pada peningkatan penawaran kredit baru di sektor perbankan,” ucap Chandra Meski, tren peningkatan penawaran kredit kemungkinan akan berlanjut hingga akhir tahun, bahkan diperkirakan terus berlanjut hingga triwulan I/2024, menurutnya tren peningkatan penawaran kredit ini tidaklah menggambarkan tren sebelum pandemi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours