Rumor Tiktok Shop Buka Kembali, Dirjen Kemendag Beri Tanggapan

TikTok Shop Indonesia dirumorkan akan kembali dibuka dalam waktu dekat, yakni setidaknya satu bulan sejak penutupan. Rumor ini kemudian langsung ditanggapi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim pada Selasa (10/10/2023). “Saya malah belum tahu,” kata Isy Karim.

Dirjen PDN itu mengaku tidak ingin berspekulasi soal kebenaran artikel tentang TikTok Shop tersebut. Namun, ia menerangkan per tanggal 10 Oktober 2023, pihak TikTok belum mengajukan izin kepengurusan menjadi loka pasar atau e-commerce yang beroperasi di Indonesia. “Belum (ada pengurusan izin e-commerce),” lanjut Isy Karim.

TikTok Shop diperbolehkan hadir kembali di Indonesia dengan cara membuka situs baru berstatus e-commerce, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 terkait dengan Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Sehingga ke depannya apabila TikTok Shop akan dibuka kembali, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyambut baik wacana tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours