Menkeu Cairkan Dana Bansos Untuk PKH Rp19.74 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mencairkan bantuan sosial, Program Keluarga Harapan atau PKH, sebesar Rp 19,74 triliun per 6 Oktober 2023. Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan mencatat PKH sebesar Rp 1974 triliun tersebut disalurkan untuk 9,88 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

“Bantuan ini disalurkan secara triwulanan melalui @kppnjakata7 kepada @kemensosri c.q. Ditjen @linjamsosoke yang nantinya disampaikan kepada para penerima manfaat, bekerja sama dengan bank-bank Himbara dan PT Pos Indonesia,” tulis Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan di laman Instagram @ditjenperbendaharaan, dikutip Kamis (12/10/2023). Pencairan PKH pada Oktober ini merupakan pencairan tahap 4. PKH dibagikan secara bertahap, tepatnya 4 tahap dalam satu tahun. Tahap 1 dibagikan bulan Januari-Maret, kemudian tahap 2 dan 3 pada April-Juni dan Juli-Oktober. Sementara itu, tahap 4 pada Oktober hingga Desember.

Sementara itu, tahap 4 dibagikan pada Oktober hingga Desember. Untuk pendidikan, pemerintah memberikan anak-anak SD bantuan sebesar Rp900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun. Kemudian, untuk kesejahteraan, keluarga yang memiliki anggota berusia di atas 60 tahun dan penyandang disabilitas akan menerima Rp 2,4 juta per tahun. Untuk kesehatan, pemerintah memberikan kepada ibu hamil Rp 1,5 juta per tahun dan anak usia dini sampai 6 tahun sebesar Rp 1,5 juta per tahun. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours